USAI APEL PAGI, DALMAS POLRES INDRAMAYU GELAR LATIHAN BERSAMA BELA DIRI TONGKAT BORGOL

Polres Indramayu.

Tongkat dan borgol merupakat atribut wajib saat mengenakan pakaian dinas, Tongkat dan borgol bukanlah hiasan di tubuh polisi, Keduanya memiliki fungsi pertahanan maupun saat menyerang, tongkat dan borgol wajib dibawa, bahkan harus melekat di tubuh anggota saat berdinas. Saat ini tongkat dan borgol wajib dibawa polisi berseragam. Namun tidak hanya sebagai pajangan, melainkan harus difungsikan sebagaimana mestinya, ini sebagai upaya untuk profesionalisme polisi. Rabu (23/09).

Oleh karena itu, saat ini kepolisian  mulai mengoptimalkan kembali fungsi keduanya. Salah satunya Anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Indramayu kembali diajarkan untuk menggunakannya.

Di kepolisian terdapat gerakan-gerakan dalam memanfaatkan tongkat dan borgol. Terdapat drill tongkat dan senam borgol. Latihan drill tongkat dan senam borgol rutin di berikan pada anggota Dalmas Polres Indramayu usai pelaksanaan apel pagi.

Gerakan itu bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh, namun ada fungsi bertahan dan menyerang. Terdapat 24 gerakan pertama dan 20 gerakan kedua. Gerakan pertama digunakan untuk pertahanan, sedangkan gerakan kedua untuk menyerang.


Dalam drill tongkat, juga terdapat pelatihan saat perkelahian antara pelaku kriminal dengan polisi. Gerakan-gerakan perkelahian untuk melumpuhkan pelaku kejahatan, merupakan kombinasi dari gerakan pertama dan kedua.


Penulis : Yuda Zed
Sumber : Humas Polres Indramayu

No comments

Powered by Blogger.