RANGKAIAN KEGIATAN KUNJUNGAN IBU KETUA BHAYANGKARI DAERAH JAWA BARAT NY.RUTHY BAMBANG WASKITO KE INDRAMAYU

Polres Indramayu,

Selasa tgl 01 Nopember 2016 pk 09.30 Wib Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat Ny.Ruthy Bambang Waskito tiba di balai desa Lelea Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu disambut oleh Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo.B, SIK, SH, MH didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Indramayu Ny.Hj.Dede Eko Sulistyo dan 8 pasang Bujang dan Cuene/ gadis Ngarot.(02/11/2016).

Hadir Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan/ Muspika Camat Lelea Drs.Jajang Sudrajat, Kapolsek Lelea AKP Daryono, Danramil Lelea KAPTEN Inf.Sugianto, Kepala Desa/ Kuwu Lelea Raedi, para tokoh masyarakat, tokoh adat desa Lelea, pengurus Bhayangkari Cabang, Ketua Darma Wanita Kec. Lelea dan Ibu-ibu PKK, kegiatan Ibu Ketua Bhayangkari ke desa Lelea tersebut dalam rangka meninjau budaya adat ngarot.


Dikatakan Kuwu Desa Lelea Raedi bahwa budaya adat ngarot ini sudah sejak lama ada yaitu sejak jabatan Kuwu Lelea yang ke2, saat ini Raedi menjabat Kuwu Lelea urutan yang ke 28. Artinya bahwa budaya adat ngarot ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pengertian ngarot disini ada perjaka yang disebut bujang dan gadis yang disebut cuene. Dimana bujang dan cuene ini siap untuk pergi ke ladang untuk menanam padi. Dan sejak 2 tahun yang lalu tapatnya tahun 2014 budaya adat ngarot ini sudah diakui oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Pada kesempatan itu Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat sempat wawancara dengan Kuwu desa Lelea tentang sejarah Ngarot dan langsung mengambil dokumentasi.

Selesai acara ramah tamah pada pk 12.30 Wib Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat menuju Kampung Batik di Desa Paoman meninjau pengrajin batik dilanjutkan mengunjungi dalang wayang Golek Gepak Bpk. Dalang Ahmadi.

Selanjutnya menuju pantai Karangsong dengan menaiki perahu. Dengan menikmati suasana keindahan pantai banyak benda-benda yang didokumentasikan oleh Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat. Pada pukul 17.30 Wib meninggalkan pantai Karangsong menuju Mako Polres Indramayu.

Pada pk 18.45 Wib Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat bersama rombongan menuju Kampung Nelayan di Desa Glayem Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Selesai dari Kampung Nelayan menuju Gesthouse Bumi Patra Pertamina Indramayu untuk istirahat sejenak. Pada pk 20.00 Wib acara ramah tamah dan hiburan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat menyaksikan Tari Randu Kentir tarian khas Indramayu hingga pk 22.00 Wib.



Penulis : Humas Polres Indramayu
Sumber : Humas Polres Indramayu

No comments

Powered by Blogger.