KAPOLRES INDRAMAYU KAWAL LANGSUNG AKSI DAMAI MUI DAN ELEMEN ORMAS ISLAM SE KABUPATEN INDRAMAYU

Polres Indramayu.

Audensi Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo.B, SIK, SH, MH dengan MUI Kabupaten Indramayu dan ormas Islam se wilayah Kabupaten Indramayu dengan tema " Junjung Tinggi Kitab Suci Al Quran, Adili Penista Al Quran Sesuai Hukum Yang Berlaku " telah dilaksanakan sehubungan dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ( Ahok ) tentang Surat Al Maidah ayat 51, bertempat di Aula Kantor MUI Kabupaten Indramayu. ( 07-11-2016 )

Audensi tersebut selain dihadiri oleh Kapolres Indramayu juga dihadiri oleh Dandim 0616/ Indramayu LETKOL Arh Benny Febrianto, S.Sos, Ketua MUI Kabupaten DR.KH. Ahmad Syatori, S.H.I, M.Ag bersama 50 orang perwakilan pengurus MUI Kabupaten dan Kecamatan, perwakilan ormas Islam se kabupaten Indramayu. Kepala Kementrian Agama DR.H. Yayat Hidayat M.Ag, Sekum MUI  Kabupaten Indramayu DR. H.Amad, M.Ag.

Audensi ditandai dengan pembacaan Surat Pernyataan Bersama MUI dan seluruh Ormas Islam Kabupaten Indramayu DR. H. Ahmad yang berisi antara lain : dukungan Fatwa MUI Pusat yang menilai pernyataan Ahok sesat pada saat berada di Kepulauan Seribu Selasa tgl 27 September 2016 lalu dan meminta aparat Kepolisian segera melakukan proses hukum atas penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Ahok.

Surat pernyataan tersebut ditanda tangani oleh Ketua MUI Kabupaten Indramayu dan 15 orang perwakilan ormas Islam yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu. Selanjutnya surat pernyataan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekum MUI Kabupaten Indramayu kepada Kapoores Indramayu.

Kapolres Indramayu menanggapi tentang surat pernyataan tersebut dan menjelaskan bahwa terkait dengan permasalahan hukum, sesorang yang diduga melakukan tindak pidana dilihat dari locus delictusti/ Tempat Kejadian Perkara, sehubungan dengan hal tersebut, permasalahan Ahok terjadinya di wilayah Jakarta, maka penangannya dilakukan oleh Polda Metro Jaya atau Mabes Polri, tahapan penyidikan terhadap kasus Ahok bahwa pada hari Rabu tgl 2 Nopember 2016 telah dilakukan pemeriksaan terhadap 22 orang saksi. dan pada hari Kamis tgl 3 Nopember 2016 telah diambil keterangan 3 orang saksi ahli ( ahli bahasa, ahli agama Islam, ahli pidana ) dan surat panggilan kepada Ahok yang akan dilayangkan pada hari Senin tgl 7 Nopember 2016 serta pihak Kepolisian akan melakukan gelar perkara terkait kasus tsb.

Surat Pernyataan Bersama MUI dan Ormas Islam Kabupaten Indramayu akan diserahkan ke Polda Jabar. Dan mengajak seluruh elemen yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Selesai audensi kemudian pada pk 14.00 Wib dengan estimasi massa -/+ 200 orang yang terdiri dari ormas Islam se wilayah Kabupaten Indramayu dengan Ketua Korlap Ketua LDII/ Anggota PKS  sdr.Ruswa dan Ketua Majelis Talim Pemuda Kabupaten Indramayu Ustadz Ibrahim Soleh melakukan long march dan orasi dengan membawa spanduk, famplet dan soun sistym dengan route Jln.Gatot Subroto - Bundaran Kijang - Jln.Jend Sudirman - Jln.Tanjungpura - Jln.Kembar Kepandean - Bundaran Mangga - Kembali ke Komplek Islamic Center.

Dalam kegiatan long march tersebut Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo.B, SIK, SH, MH bersama Dandim 0616/ Indramayu LETKOL Arh Benny Febrianto, S.Sos mengawal langsung dari tempat start sampai finish. Demikian juga Waka Polres Indramayu, Kabag Ops, Kabag Ren dan perwira Polres serta Kapolsek kota Indramayu melekat dengan massa. Dan dilakukan rekayasa lantas oleh Kasat Lantas AKP Dony E Wicaksono, SH, SIK sehingga arus lalu-lintas tetap lancar, Pada pk 15.30 Wib setelah massa sampai di tempat finish komplek Islamic Center selanjutnya massa membubarkan diri.


Selama berlangsung giat audensi dan long march yang penuh dengan kedamaian, situsi dalam keadaan aman dan kondusif. Dan ditutup dengan apel konsolidasi dipimpin Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo.B, SIK, SH, MH


Penulis : Humas Polres Indramayu
Sumber : Humas Polres Indramayu



No comments

Powered by Blogger.