IBU KETUA PD BHAYANGKARI JAWA BARAT HADIRI ACARA PROSESI ADAT BUDAYA NGAROT DI DESA LELEA KABUPATEN INDRAMAYU

Polres Indramayu.

Rabu tanggal 23 Nopember 2016 pukul 07.00 Ibu Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Jawa Barat Ny. Ruthy Bambang Waskito menghadiri Acara Prosesi Budaya Adat Ngarot di Desa Lelea Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu.

Dalam kunjungannya Ibu Ketua PD Bhayangkari Daerah Jawa Barat disambut oleh Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Indramayu Ny.Hj. Dede Eko Sulistyo, Kabag Ops Polres Indramayu Kompol Edwin Parsaoran, S.I.K, M.I.K, Kompol Bendi Ujianto, S.H Anjak Bag Ops, Kapolsek Lelea Akp Daryono, Ibu-ibu Muspika Kec.Lelea, Kuwu Desa Lelea dan istri, ibu-ibu para sesepuh budaya adat ngarot. Dengan diawali kunjungannya ke rumah bilik Ibu Ketua PD Bhayangkari Jawa Barat melihat langsung para gadis ngarot yang disebut cuwene didandani oleh  juru rias sesepuh budaya adat ngarot.

Ada keunikan tersendiri didalam budaya adat ngarot ini bahwa semua gadis ngarot/ cuwene yang didandani apabila sudah tidak gadis maka bunga yang dihias diatas kepalanya tidak akan bertahan lama/ akan cepat layu. Dan ini warisan budaya dari para leluhur terdahulu sejak tahun 1648.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Indramayu Ibu Hj. Anna Sopanah bersama Kepala Dinas Budpora Kabupaten Indramayu dan para pejabat utama Pemda lainnya. Dengan diiringi kesenian klasik khas Lelea yaitu Jung Jidur, tarian topeng dan tarisn ronggeng.

Kuwu desa Lelea Sdr. Raidi menjelaskan bawha budaya adat ngarot tersebut adalah warisan budaya para leluhur kita dari sejak jaman dulu yang perlu dilestarikan sampai kapanpun. Dan mengandung maksud pada jaman dulu ketika para leluhur kita menjelang musim tanam padi dengan harapan hasilnya yang membanggakan maka gadis ngarot/ cuwene dangat support kepada para bujang/ perjaka yang akan pergi ke ladang.

Dalam kegiatan tersebut terdapat Bujang/ Perjaka Ngarot 85 orang, Cuwene/ gadis ngarot 60 orang jumlah 145 orang melakukan pawai berjalan kaki dari rumah sesepuh yang finishnya di balai desa Lelea dengan dilanjutkan acara prosesi budaya adat ngarot.


Pada pukul 11.30 Wib acara prosesi adat budaya ngarot selesai dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan silaturahmi Ibu PD Bhayangkari Jawa Barat ke Ibu Bupati Indramayu di Pendopo Kabupaten Indramayu didampingi Kapolres Indramayu AKBP Eko Sukistyo.B, S.I.K, S.H, M.H.





Penulis : Humas Polres Indramayu
Sumber : Humas Polres Indramayu

No comments

Powered by Blogger.