Pengamanan Kegiatan Pelepasan Maron Dan Karnaval Di Karangsong - Indramayu

Polres Indramayu

Masyarakat Indramayu setiap tahunnya melaksanakan festival nadran yang pada tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2016 sekitar 09.00 Wib  dihalaman KPL Mina Sumitra Indramayu Jl. Pantai song Kel. Paoman Kec. dan Kab. Indramayu.

Pelepasan Maron dan Karnaval oleh Ketua KPL Mina Sumitra Indramayu sdr. Ono Surono, ST dalam rangka Rangkaian kegiatan Festival Nadran Laut Karangsong Tahun 2016, kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris KPL Mina Sumitra Indramayu sdr. H. Suryana, TNI AL Mayor Wildan A, Danramil Indramayu Kapten Sugiyanto, para Pengurus dan Juragan KPL Mina Sumitra Indramayu, para Nahkoda serta warga masyarakat nelayan yang diperkirakan berjumlah sekitar -/+ 6.000 orang, sebagai penanggungjawab dalam kegiatan tersebut sdr. H. Tawajud.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut sebagai berikut diawali dengan Tari Topeng dan Tari Tarian, dilanjutkan dengan sambutan - sambutan al. : Ketua Panitia Penyelenggara, Ketua KPL Mina Sumitra, setelah itu baru dilaksanakan Pelepasan Meron dan Karnaval.

Dalam sambutannya  Ketua KPL Mina Sumitra Indramayu  menyampaikan, bahwa acara Nadran merupakan upacara pesta laut masyarakat nelayan sebagai perwujudan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan-Nya lewat hasil laut yang selama ini didapat. Juga permohonan agar diberi keselamatan dalam melaut, serta tangkapan hasil laut warga Indramayu berlimpah pada tahun mendatang, itulah tujuan Nadran Karangsong yang diselenggarakan secara rutin setiap 2 (dua) tahun sekali.
Kegiatan Pelepasan Maron tersebut dimulai sekitar pukul 09.37 Wib dari Halaman Kantor KPL Mina Sumitra Indramayu menuju TPI Karangsong sekitar pukul 10.30 Wib yang kemudian diantaran ke perahu tongkang selanjutkan Maron (Kepala Kerbau) dilarung ke laut, pelarungan Maron tersebut selesai sekitar pukul 11.45 Wib.

"Upacara ini merupakan suatu bentuk perwujudan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Alloh kepada kita semua, semoga selama para nelayan mencari rezeki dilaut selalu diberikan keselamatan dan perlindungan " tambah Ketua KPL Mina Sumitra

Kemudian untuk kegiatan Karnaval atau arak - arakan mulai stars dari Halaman Kantor KPL Mina Sumitra Indramayu sekitar pukul 09.50 s/d selanjutnya finish dilapangan Bola Desa Karangsong sekitar pukul 12.40 Wib.

Dan sekitar pukul 13.00 Wib dilanjutkan dengan kegiatan Rekor MURI Makan Sup Ikan Gombyang sebanyak 2.016 Sup Mangkok.

Dalam kegiatan tersebut juga ada kegiatan Pagelaran Wayang Kulit Ruwat Laut " Satria Langen Budaya ".
Selanjutnya kegiatan Rekor MURI Makan Sup Ikan Gombyang sebanyak 2.016 Sup Mangkok dan Pagelaran Wayang.

" Alhamdullillah kegiatan pengamanan  berjalan  dengan tertib dan lancar, masyarakat dapat melaksanakan acara festival Nadran Karongsong ini sampai selesai" ujar
Kabag Ops Polres Indramayu Kompol Agus Dwiyanto, SH.

Powered by Blogger.