Waspada… Ini Jalur Rawan Begal, Polisi Siagakan Patroli

Indramayu - Makin maraknya aksi begal di Indramayu membuat berbagai lapisan masyarakat was-was. Belum lama ini jurnalis salah satu televisi nasional menjadi korbannya ketika dirinya pulang meliput peristiwa kebakaran PLTU Sumuradem. Pembegalan tersebut terjadi di jalan raya Juntinyuat Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu beberapa waktu lalu.

Kapolres Indramayu, AKBP Wijonarko melalui Kabag Ops Polres Indramayu, Kompol Gotam membenarkan marak kembalinya aksi kawanan begal di Kabupaten Indramayu bahkan pihaknya menyebutkan dua daerah rawan terjadi pembegalan.

“Sebenarnya yang rawan itu banyak seperti jalan raya Juntinyuat, Karangampel, Kedokanbunder, Krangkeng dan Kertasmaya.Namun daerah yang terawan adalah Krangkeng dan Kertasmaya,” ucapnya saat dikonfirmasi CT, Selasa (06/10).

Gotam menuturkan dua daerah tersebut keadaannya sepi, jalurnya panjang, treknya lurus dan penerangan jalan umum (PJU) masih kurang. “Tercatat sekitar ada 12 kejadian curas pada periode Januari-September 2015 itu berdasarkan laporan dari masyarakat,” tuturnya.

Adapun upaya yang dilakukan, kata Gotam , setiap titik daerah yang rawan dijaga 4 petugas dan terus melakukan patroli. “Kami pun bekerjasama dengan masyarakat melalui babinkamtibmas untuk menggalakan kembali sistem siskamling,” ungkapnya.

Dia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati ketika mengendarai kendaraan roda dua, jangan mengendarai sendirian dan jika ada yang mengikuti segera ke pos polisi terdekat.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD Indramayu, Azun Mauzun menuturkan aksi pembegalan di jalur alternatif Juntinyuat, Karangampel dan Krangkeng sudah memasuki zona darurat kriminalitas kejahatan jalanan.

“Aksi pembegalan tersebut dalam sepekan terjadi hampir mencapai 15 kali,” jelasnya.

Dia menambahkan, aksi pembegalan di wilayah Kabupaten Indramayu tersebut awalnya sempat redup, namun belakangan ini kembali mencuat dan kerap sekali masyarakat menjadi korban. Azun pun meminta, agar Pemerintah Daerah menyeriusi permasalahan ini demi terciptanya kondusivitas di Kabupaten Indramayu diantaranya dengan berkoordinasi bersama pihak kepolisian dalam meningkatkan pengawasan dan patroli.

“Aksi begal ini saya rasa harus disikapi serius sebelum menelan korban yang lebih banyak lagi,” imbuhnya.


Penulis:Dwi Ayu
Sumber: Cirebontrust
Powered by Blogger.