Hindari Emosi Saat Bawa Senpi, Polisi Indramayu Jalani Test Psikologi

Indramayu - Ratusan anggota polisi jajaran Polres Indramayu ikuti test psikologi  di aula Atmaniwedhana Polres setempat, Rabu (28/10/2015). Dari pangkat bintara sampai perwira ikut dalam test untuk syarat mendapatkan dan membawa senjata api (senpi).

Lewat test psikologi ini, para anggota mampu menggunakan senpi sesuai prosedur dan tidak menyimpang di lapangan. Tes diikuti 338 peserta dari berbagai satuan. Digelar langsung oleh Polda Jawa Barat yang dipimpin Kabag Psikologi AKBP Urip.

Urip menjelaskan, tes psikologi ini penting bagi setiap anggota yang memegang senpi, baik perpanjangan maupun yang baru. Psikologi setiap orang selalu mengalami perubahan tiap tahunnya.

“Karena itu harus ditest. Test ini meliputi aspek kecerdasan, kepribadian, dan sikap kerja setiap anggota polri. Tujuannya dalam bertugas bisa mengontrol diri. Test juga untuk menguji mental kepribadian anggota,” jelasnya.

Kasubag Humas AKP Ramauli Tampubolon mengatakan, melalui test, anggota yang memegang senpi justru bisa lebih mengendalikan emosi.  Pemakaiannya, dalam operasi kepolisian, juga harus sesuai standard operating prosedur (SOP).

Pogram psiko test digelar dalam dua gelombang. Hal ini, menyusul banyaknya peserta tes lebih dari 300 personil. "ita bagi dua gelombang supaya sebagian ikut test lainnya tetap bertugas. Gantian,” tutur dia.

Hasil tes ini, dibawa ke Polda Jabar untuk dinilai dan dikoreksi langsung oleh tim psikologi. Hasilnya baru dikeluarkan sekitar dua pekan ke depan.


Penulis:Aen
Sumber: Galamedia

No comments

Powered by Blogger.