Polres Indramayu Melaksanakan Pres Release Tindak Pidana Mengedarkan Dan Menyimpan Uang Negara Palsu, Di Desa Pranggong Blok Waled Kec. Arahan Kab . Indramayu

Pada hari rabu tanggal 23 September 2015, Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP NICO NURALLAH ADI PUTRA.,S.IK,SH.MH di dampingi oleh Kasubbag Humas AKP RAMAULI TAMPUBOLON,SH, bertempat di Mapolres indramayu telah dilaksanakan Pres Release tindak pidana  kasus mengedarkan dan menyimpan uang negara palsu, Yang Diketahui Pada Hari Jumat tanggal 11 September 2015 sekira pukul 20.00 Wib, dengan TKP di desa pranggong blok waled kec. arahan kab . indramayu)  Sedang kan pelaku yang diamankan adalah :

1. HAERONI Bin YASIN, (54 thn) Desa Pranggong blok waled Kec. Arahan Kab. Indramayu. (kepemilikan terhadap 10 lembar dollar palsu @. $100 US) 
2. SUKARDI Bin SUPARTA (65 thn) Desa Sukadadi Kec. Arahan Kab. Indramayu (kepemilikan   terhadap 5 lembar dollar palsu @. $100 US) 

Adapun barang bukti yang diamankan adalah :
- 15 lembaruang dollar Amerika @. $100 US)
 - 40 koin kuningan sari
 - 1 buah balok kuningan sari sebesar 5 kg
 - 4 koin besar bergambar semar
 - 3 buah handphone (2 Nokia dan 1 blackberry)
 - 1 buah hio

Modus pelaku adalah Ritual doa menyembuhkan orang sakit dengan menggunakan kuningan sari dan dollar palsu yang diyakini bias berubah menjadi emas atau dollar yang sesungguhnya.  Selanjutnya kronologi  pada jam lokasi tersebut diatas telah didapat informasi dari masyarakat tentang adanya kegiatan ritual dengan cara membaca doa beberapa doa, atas dasar informasi tersebut, diamankan 8 orang dilokasi sesuai TKP. Kemudian diketahui kegiatan ritual tersebut bermaksud untuk penyembuhan orang sakit. Kelompok ini merasa bahwa dirinya mempunyai kelebihan dalam mengobati segala penyakit. Pada saat digeledah diketemukan barang bukti sesuai keterangan diatas, dan beberapa orang yang ikut berdoa percaya bahwa kuningan sari dan dollar palsu yang ada dapat berubah menjadi emas atau dollar yang sesungguhnya. Diketahui bahwa $US tersebut didapat dari sdr. ABDULAH (DPO)

Adapun Pasal yang di sangkakan adalah :
 - Pasal 245  : Barang siapa dengan sengaja menjalankan serupa mata uang atau mata uang kertas Negara, atau mata uang kertas Bank yang asli dan yang tidak dipalsukan, yakni mata uang atau uang kertas Negara atau uang kertas Bank yang ditiru atau yang dipalsukan sendiri, atau yang pada waktu diterima diketahuinya palsu atau dipalsukan, atau pun barang siapa menyimpan atau memasuk kan ke Negara Indonesia mata uang dan uang kertas Negara atau uang kertas Bank yang demikian, dengan maksud akan mengedar kan atau menyuruh mengedarkannya serupa dengan asli dan yang tiada dipalsukan, dihukum penjara selama-lamanya 15 tahun.
- Pasal 378 : Barang siapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, baik dengan memakai nama palsu atau keadaan palsu, baik dengan akal dan tipu muslihat, maupun dengan karangan perkataan-perkataan bohong, membujuk orang supaya memberikan sesuatu barang, membuat utang atau menghapuskan piutang, dihukum karena penipuan, dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun 
Kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

Penulis: BRIPTU ASEP TAOFIK S. SH
Sumber: HUMAS POLRES INDRAMAYU 

No comments

Powered by Blogger.