Giatkan Tertib Berkendara, Polsek Jatibarang Resmikan Taman Cerdas Lalu Lintas di SMAN 1 Jatibarang

Indramayu - Taman cerdas pelopor keselamatan berlalu lintas diresmikan oleh Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor Jatibarang yang bekerjasama dengan SMAN 1 Jatibarang , Senin (20/04).

Taman tersebut didirikan di sudut sekolah yang terletak di Jalan Ampera Desa Bulak Lor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Dengan didirikannya taman cerdas lalu

lintas tersebut, diharapkan akan terbentuk pelajar cerdas sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas.

Kapolsek Jatibarang Kompol Ajang Anwar Mustofa menjelaskan taman cerdas lalu lintas yang ada di wilayah hukumnya, merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan terhadap pelajar. Sebab, selama ini kenyataan di lapangan masih banyak ditemukan pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah, namun tidak sesuai dengan ketentuan. Bahkan masih ditemukan sepeda motor pelajar yang menggunakan knalpot bising. Untuk menekan angka pelanggaran oleh pelajar dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, maka Unit Lalu Lintas Polsek Jatibarang memandang perlu untuk mendirikan taman cerdas lalu lintas di sekolah-sekolah.

“Ini taman lalu lintas pertama, semoga mampu memberikan perubahan yang berarti dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas,” jelas Anwar.

Di taman pelajar cerdas lalu lintas itu, dilengkapi dengan simbol-simbol pengetahuan lalu lintas, rambu-rambu, tempat diskusi, dan taman bacaan, hingga layanan jaringan internet gratis yang disediakan bagi pengunjung. Melalui ketersediaan sarana tersebut, pengunjung akan lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi yang diperlukan mengenai pengetahuan dan informasi terkini tentang lalu lintas. Bahkan setiap akhir pekan, diskusi bersama polisi lalu lintas pun akan digelar secara rutin.

“Kita optimalkan seluruh sarana yang ada. Agar pengunjung senang berada di taman lalu lintas ini,” katanya
Senada, Kepala SMAN 1 Jatibarang Setyo Adisapto, menyambut baik adanya kerjasama dengan Unit Lalu Lintas Polsek Jatibarang ini. Ia berharap, agar seluruh siswa dan siswinya dapat mengikuti kegiatan pembinaan pelajar sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas ini dengan baik. Menurutnya, perilaku disiplin dan tertib dalam berlalu lintas, juga bersinergi dengan kedisiplinan yang perlu diterapkan di sekolah.

“Kedisiplinan dan perilaku tertib dalam berlalu lintas, tentu harus juga membawa perubahan perilaku disiplin belajar yang lebih baik di sekolah,” ucapnya.

Selain meresmikan taman cerdas pelopor keselamatan berlalu lintas, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan kegiatan penanaman 1.000 pohon di lingkungan sekolah. Penghijauan SMAN 1 Jatibarang ini dilakukan atas kerjasama dengan Yayasan Rumah Kreativitas Pemuda Kabupaten Indramayu di bawah binaan Mahfudz Alfarisi. Seribu pohon yang ditanam dilakukan oleh ratusan siswa bersama-sama dengan para guru, komite sekolah dan sejumlah undangan yang hadir. Penanaman pohon dilakukan usai pelaksanaan upacara bendera.



Penulis: Dwi
Sumber: CT/Indramayutrust

No comments

Powered by Blogger.